Tips Membeli Compressor AC Yang Benar

Spread the love

Membeli AC jelas perlu sekali apalagi hidupnya di Indonesia yang iklimnya tropis pasti butuh sekali AC agar udara tidak lagi panas. Kalau mau membeli AC maka perlu mencari tempat jual compressor AC yang lengkap. Sebab kalau sampai ada spare part yang tidak dijual di tempat tersebut pastinya harus mencari tempat lainnya dan ini jelas merepotkan sekali.

Selain tempatnya juga harus memperhatikan kecocokan antara compressor dan juga kendaraan yang digunakan, jangan sampai sudah beli ternyata tidak bisa digunakan. Jadi perlu lakukan survei dulu apa saja merk yang cocok digunakan barulah bisa melakukan pembelian.

Mengenal Merk Compressor AC Yang Murah Harganya

Compressor AC berfungsi untuk menekan dan memompa refrigerant supaya tekanan refrigerant bisa meningkat dan bisa mengalir ke sistem AC. Karena tekanan yang meningkat inilah yang bisa menaikkan temperatur, jadi sebelum masuk ke refrigerant suhunya masih renda tetapi setelah keluar suhunya barulah tinggi. Banyak sekali merk compressor yang murah harganya dan berkualitas juga dan berikut daftarnya.

  • Compressor Copeland

Compressor ini paling dicari karena dapat memenuhi kebutuhan compressor AC. Jenis kelebihannya cukup banyak, seperti lebih efisien, harganya murah, suku cadang yang mudah sekali diperoleh dan juga reputasinya sudah bagus sekali. kebanyakan masyarakat memakai jenis ini karena ingin mengganti compressor lama yang sudah rusak. Untuk tipe yang bagus dari jenis ini adalah tipe scroll.

  • Compressor Bristol

Merk ini juga banyak di ditemukan di tempat jual compressor AC, sebab merk tersebut termasuk merk yang terkenal sekali. Kepopuleran merk Bristol ini dikarenakan kualitasnya yang bagus dan terkenal tangguh juga, di Indonesia merk ini seringnya dipakai untuk high term. Merk ini sudah dikenal lama dan asalnya dari Amerika Serikat.

  • Compressor Britzer

Merk ini lebih sering digunakan oleh konsumen yang ada di benua Asia, untuk pabrik compressornya terletak di China makanya terkenalnya di Benua Asia. Kualitas compressor jangan diragukan karena bagus sekali dan juga pembuatannya dikontrol secara ketat sehingga tidak ada yang cacat.

  • Compressor Danfoss

Merk Danfoss jangan diragukan karena termasuk compressor AC terkenal di dunia, untuk jaminan mutu merk ini  tidak diragukan lagi sebab tidak ada konsumen yang kecewa setelah memakainya. Pabrikan compressor ini juga sudah mendapatkan sertifikasi ISO 14001, makanya banyak konsumen yang percaya dengan merk ini.

  • Compressor Kulthorn Kirby

Kualitas merk Kulthorn Kirby bukan ecek-ecek sebab bagus kualitasnya dan sudah cukup lama juga merk ini melalang buana di dunia ini. Sejak tahun 1980 sudah ada merk ini dan masih populer sampai tahun ini, untuk produk merk ini seringnya dipakai untuk piston kebutuhan freezer, refrigerasi dan pendingin air.

  • Compressor Panasonic

Merk ini pastinya sudah tidak asing lagi karena dari dulu sudah terkenal sekali di Indonesia, selain memproduksi compressor AC juga memproduksi alat elektronik lainnya. Produk compressor merk ini dibedakan jadi dua yaitu produk

Malaysia dan juga China, meskipun berbeda bukan berarti kualitasnya juga berbeda karena dari segi kualitas sama-sama bagus. Merk ini dipilih bukan karena kualitasnya saja tetapi karena harganya juga sangat terjangkau sekali.

  • Compressor Tecumseh

Merk ini biasa dipakai untuk bidang komersial display dan juga bidang refrigerasi dan dipakai juga sebagai pengganti compressor yang sudah rusak. Perusahaan Tecumseh ini menjadi perusahaan yang mampu membuat inovasi terbaru dengan menciptakan AC model window pertama di tahun 1947.

Cek Juga : Kenapa Harus Memakai Jasa Pembuatan Website Murah?

Tips Merawat Compressor AC Agar Tidak Cepat Rusak

Compressor AC yang merknya terkenal dan harganya mahal kalau tidak dirawat dengan baik maka tetap saja akan rusak, jadi yang penting adalah perawatannya benar dulu barulah awet.  Agar tidak cepat rusak harus mengikuti tips berikut ini.

  • Atur Suhu Dengan Tepat

Pengaturan suhu AC menjadi hal yang penting sekali, sebab salah mengatur suhu bisa menyebabkan AC dan compressor rusak. Aturlah suhu normal saja jangan terlalu rendah atau terlalu tinggi karena menyebabkan kerja compressor menjadi lebih berat dan ini menyebabkan rusak.

  • Gunakan Timer

Penggunaan AC seharian penuh menyebabkan compressor cepat rusak, harusnya memakai timer saja apalagi kalau AC digunakan pada malam hari. Kadang lupa mematikan karena terlanjur tidur, baiknya sebelum tidur setel dulu timernya. Sebaiknya disetting 5 jam mati saja, sebab kalau lebih dari itu AC jadi cepat panas dan nantinya bisa merusak mesin AC dan compressor.

  • Tutup Pintu, Jendela Dan Ventilasi

Kalau menggunakan pendingin ruangan jangan sampai membuka pintu atau jendela, baiknya tutup semuanya selama pemakaian AC. Hal tersebut perlu dilakukan karena compressor akan mencapai suhu sesuai keinginan jika tidak ada udara dari luar yang masuk ke ruangan. Dengan menggunakan cara tersebut compressor akan awat sekali dan tidak perlu sering datang ke toko jual compressor AC untuk beli yang baru.