Kenapa Harus Membeli Flange Di Distributor Flange?

Spread the love

Flange adalah alat yang dipakai untuk menyambung-kan pipa dan juga material bangunan lainnya, kalau sampai tidak ada flange ini maka proses pembangunan sebuah bangunan tidak akan berhasil.

Untuk memperoleh flange ini tidaklah sulit sebab banyak distributor flange yang siap menerima pesanan dalam jumlah banyak sekalipun. Jenis flange yang disediakan juga ada banyak sekali dan manfaatnya juga beragam sekali, untuk jelasnya berikut ulasannya.

Jenis-Jenis Flange Yang Sering Dijual Distributor

Flange jenisnya bukan hanya ada satu saja tetapi jenisnya ada banyak sekali dan masyarakat bisa memperoleh semua jenis tersebut kalau membelinya langsung di distributornya. Sebelum membeli harus tahu dulu jenisnya itu apa saja, berikut penjelasan jenis flange.

  • Lap Joint Flanges

Jenis ini mudah sekali digunakan karena bisa diputar sesuai posisi luang baut, tetapi kalau menggunakan baiknya untuk fluida yang tekanannya tinggi saja. Untuk fungsinya adalah untuk menyatukan pipa satu degan yang lainnya agar tidak ada celah di antara sambungan pipa.

  • Weldneck Flanges

Setiap ada konstruksi pasti yang lebih sering digunakan adalah jenis ini, hal tersebut dikarenakan Weldneck ini sifatnya yang mudah sekali disambungkan dengan pipa-pipa lain. Selain itu, untuk penggunaannya juga bisa digunakan di fluida yang tekanan rendah atau tinggi.

Jenis ini dinamakan Weldneck karena bentuk flange ini mengerucut pada bagian leher dan akan semakin mengecil di bagian ujungnya. Ujung flange ini kecil ukurannya karena dibuat agar akomodasi selang dan pipa yang ukurannya sesuai. Jenis ini sudah mudah sekali diperoleh di distributor flange.

  • Threaded Flanges

Jenis ini agak berbeda dengan jenis lainnya sebab penyambungan pipa menggunakan metode ulir. Seringnya jenis ulir ini dipakai di sistem yang sangat rawan terjadi kebakaran, apalagi di bagian yang memakai welding atau las.

Cocoknya flange ulir ini dipakai pada pipa gas bertekanan tinggi, hal tersebut dikarenakan material flange ini lebih kokoh dan lebih tebal. Jadi tidak salah kalau banyak konstruksi memilih jenis ini karena bisa dimanfaatkan untuk menyambung-kan beberapa pipa sekaligus.

  • Blind Flanges

Jenis blind ini fungsinya yaitu menutup aliran, cara kerjanya masih sama seperti jenis yang lain. Tetapi flange ini tidak punya lubang seperti lainnya sehingga bentuk flange ini rata, tidak adanya lubang dikarenakan flange ini dipakai sebagai penutup saja bukan sebagai penyambung pipa.

Karena fungsinya itulah yang membuat blind flanges ini dikenal sebagai penutup sambungan pipa. Kalau mau menutup aliran fluid maka baiknya gunakan blind flange saja sebab flange ini mampu menahan aliran yang keras atau tinggi sekalipun.

Inilah Manfaat-Manfaat Flange

Setiap material bangunan atau konstruksi pastinya ada manfaatnya, begitu juga flange. Manfaat flange ada banyak sekali dan berikut adalah sedikit penjelasan manfaat flange.

  • Mencegah Adanya Kelonggaran Komponen

Kelonggaran komponen material konstruksi tidak lagi terjadi karena baut-baut lebih murah merekat dan mudah dikencangkan juga, sehingga komponen tidak longgar lagi.

  • Mudah Sekali Dihubungkan

Flange yang digunakan dalam ukuran yang besar dan tekanan tinggi akan memudahkan pengguna dalam memasang dan juga akan mudah juga kalau akan melepasnya.

  • Bisa Di Daur Ulang

Kebanyakan jenis flange itu dibuat dari logam yang biasa, tetapi logam yang dipakai adalah logam yang dapat didaur ulang. Jadi kalau memakai flange tidak akan mencemari lingkungan karena bisa langsung di daur ulang kalau sudah tidak terpakai lagi. Dengan manfaat yang seperti inilah yang membuat banyak distributor flange semakin banyak jumlahnya.